Menikmati Ikan Khas Boalemo di Pangkalan TNI Angkatan Laut Tilamuta

01.58 Unknown 3 Comments

Posal Tilamuta
Pangkalan TNI Angkatan Laut Tilamuta (Posal) yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Posal yang kami kunjungi berada di Tilamuta , Boalemo Gorontalo. Pos yang berukuran sekitar 10x50 meter ini kami gunakan untuk memasak ikan bakar, sup ikan dan masakan ikan yang lain.

Awalnya si saya dan Fauziah diajak Lettu Efendi ke Posal tapi sesampainya disana, Pak Efendi tidak mau masuk dengan alasan terlalu banyak orang. Dan dia menyuruh kami kesana, dengan rasa penasaran ya kesanalah kita dan tanya-tanya.

Kami melihat aktifitas Bapak-bapak TNI AL membeli ikan dari nelayan yang berada didepan Posal dan langsung memasak. Mungkin kita datang diwaktu yang tepat. Ada ikan baronang dan mubara yang masih segar. Dengan tangan cekatan mereka memasak berbagai menu, yang pasti serba ikan. Ohiya ada cuminya juga, besar juga cuminya. Fauziah yang hatinya tersentuh karena bapak bapak semua yang masak akhirnya ikut membatu bikin sambal.


Makanan siappppp..

Setelah semua selesai, waktunya penghancuran (bahasa yang digunakan Bapak tentara untuk makan). Saya keluar sebentar untuk mengajak makan Pak Efendi yang tadi katanya nunggu diwarung, tapi dia menghilang begitu saja. Yasudah kamu makan dulu. Mohon ijin makan..

Sehabis makan Posal dapat kunjungan dari adek-adek SMP. Lebih tepatnya bukan kunjungan si, mereka ingin melihat kapal perintis yang ada didepan Posal. Karena masih ada stok biskuit anak sekolah dibagikanlah kemereka. Biasalah anak anak kalo dibagiin pada rebutan. Setelah mereka mengajak foto Bapak-bapak TNI ada yang bilang mau minta nomer saya.

"Pak, mau minta nomer kakak yang itu", sambil menujuk saya.
Dipanggilah saya.
"Man, ada yang minta nomornya nih". Saya kasih sajalah biar mereka senang. Abis minta nomer minta selfie juga. Dasar bocah...

Setelah selesai semua kami kembali ke KRI dr. Soeharso. Kami pamit dengan Bapak-bapak disana dan bilang makasih sambelnya pedes banget. Kami pulang naik truk bersama anggota kapal yang lain. Mohon ijin pamit pak.

Ohiya 'mohon ijin' itu biasanya di gunakan junior tentara disini untuk menghormati seniornya. Jadi kalo ada junior bicara dengan seniornya segala sesuatu pasti ada kata-kata 'mohon ijin'. Sampai sekilas kami sebagai warga sipil mendengarnya 'om jin'.


Rhoman D. Febrianto

3 komentar:

  1. Man pesen ikan baronang bakar satu ya..hahahaha...

    BalasHapus
  2. Man pesen ikan baronang bakar satu ya..hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. goceeng yaa pak hahha tapi ambil sendiri wkwkwk

      Hapus